0

DPRD Kota Medan dan MUI Sepakat Sukseskan Program Sertifikasi Halal

 

DPRD Medan

PKS Riyadh – Sehubungan makin menjamurnya foodcourt dan restauran di sejumlah plaza di Kota Medan, DPRD Kota Medan dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan sepakat sukseskan program sertifikasi halal Kota Medan. Kesepakatan ini tercipta pada saat kunjungan anggota DPRD Kota Medan ke Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan Jalan Amaliun/Nusantara No.3 Medan, Senin (2/2).

Selama ini sejumlah masyarakat Muslim di Kota Medan mengeluhkan sulitnya menemukan gerai makanan atau restoran di Plaza baik di Plaza Medan Fair, Sun Plaza, Centra Point Medan, Grand Palladium, Cambridge, Medan Plaza maupun sejumlah restauran lainnya yang menampilkan label halal. Semuanya ‘blong’ begitu saja tidak bisa dipastikan halal atau haramnya makanan yang disajikan gerai tersebut. Hal ini sangat merugikan bagi umat Muslim yang ingin bersantai dengan keluarga jadi tidak nyaman bersantap di lokasi itu.

“Kalau jelas begitu dipampangkan di steling atau kaca makanannya kita tahu supaya tidak makan di gerai itu. Bagaimana dengan yang tidak memampangkannya, karena itu kami minta pengusaha restauran itu memasang label halal atau tidaknya makanan di kedai makanan itu,” ujar Salman Alfarisi yang juga Ketua Komisi C DPRD Kota Medan.

Lebih lanjut Salman politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga meminta MUI Medan melakukan pengawasan terhadap sejumlah rumah makan, gerai maupun kedai yang diduga kuat makanannya diragukan kehalalannya. “MUI Kota Medan harus proaktif dalam hal ini guna mengayomi warga Muslim di Kota Medan,” tukasnya.

Dalam hal ini DPRD Kota Medan menilai perlu adanya suatu aturan yang mewajibkan seluruh restauran atau rumah makan di Kota Medan mengurus sertifikat halal sehingga kedepannya MUI bisa mengeluarkan rekomendasi boleh tidaknya umat Islam makan di restauran, gerai atau rumah makan tersebut.

Ketua MUI Kota Medan Muhammad Hatta sangat menyambut baik atas kesepakan dan kerjasama yang baik dari DPRD Kota Medan. Kedepan MUI Kota Medan akan merumuskan aturan-aturan yang diperlukan dalam mensukseskan program sertifikasi halal di Kota Medan.” paparnya

 

(pkssumaterautara)

redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *