0

Fahri Hamzah Pimpin Kunjungan Muhibah DPR RI ke Sudan

Fahri Hamzah duduk diantara pimpinan Parlemen di Sudan. sumber : twitter.com/fahrihamzah

Fahri Hamzah duduk diantara pimpinan Parlemen di Sudan. Sumber : twitter.com/fahrihamzah

 

PKS Riyadh – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melakukan kunjungan muhibah ke Sudan, yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Kunjungan pada 30 Mei – 2 Juni tersebut merupakan undangan dari parlemen Sudan untuk menghadiri pelantikan ketua dan anggota parlemen Sudan periode 2015 – 2020 dari hasil pemilu April lalu, menurut siaran pers KBRI Khartoum yang seperti dilansir Antara di Jakarta, Senin (1/6).

“Diharapkan ke depan hubungan kerja sama Indonesia-Sudan bisa lebih baik dan didukung parlemen kedua negara,” kata Fahri.

Menurut Fahri, dalam hubungan antara Indonesia dan Sudan terdapat tiga level komunikasi yang perlu dibangun. Pertama, DPR dan Pemerintah Indonesia akan segera mengucapkan selamat atas pelantikan parlemen dan pelantikan presiden Sudan keesokan harinya.

Kedua, peningkatan hubungan “business to business” yang sudah menunjukkan kemajuan. Ketiga, hubungan antarmanusia atau antarrakyat yang merupakan hal yang paling mendasar.

Politikus PKS itu mencontohkan soal kemungkinan dikuatkannya kerja sama parlemen untuk mendukung perdagangan kedua negara di bidang produk pertanian, peternakan, dan kehutanan.

Dia mengatakan delegasi DPR RI akan memberikan dorongan pada Pemerintah RI agar bisa menindaklanjuti potensi itu, termasuk mengatasi hambatan yang ada.

“Sebagai contoh, ternak dari Sudan pernah terhambat impornya ke Indonesia karena isu penyakit mulut dan kuku,” katanya.

Karena itu, menurut dia, DPR RI akan mendorong agar sertifikasi sehat terhadap ternak dari Sudan mendapatkan prioritas, sehingga persoalan dapat dituntaskan.

Sementara itu, Dubes RI untuk Sudan dan Eritrea Burhanuddin menyambut kedatangan delegasi tersebut yang terdiri atas Muhammad Misbakhun (F-PG, Edhi Prabowo (F-Gerindra), Rofi Munawar (F-PKS), seorang pejabat Sekretariat DPR RI, dua tenaga ahli dan pewarta TV Parlemen.

Selama kunjungan selain menghadiri upacara pelantikan pimpinan dan anggota parlemen, delegasi DPR RI juga melakukan pertemuan dengan komisi hubungan luar negeri Parlemen Sudan (Persahabatan Parlemen Indonesia-Sudan) dan berencana melakukan pertemuan khusus dengan ketua Parlemen Sudan terpilih.

Mereka dijadwalkan mengadakan diskusi dengan para mahasiswa Indonesia yang sedang menimba ilmu di Sudan.

Dubes RI Burhanuddin menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran delegasi DPR RI pada pelantikan Parlemen Sudan. Kesediaan DPR RI sebagai representasi negara Indonesia dalam memenuhi undangan dari Parlemen Sudan akan berdampak positif pada upaya-upaya nyata peningkatan hubungan bilateral kedua negara ke depan.

Dubes RI juga mengharapkan DPR RI dan Parlemen Sudan dapat lebih mendorong upaya konkret dalam merealisasikan perjanjian kedua negara.

Dalam kunjungan itu, kedua parlemen sepakat untuk mempererat hubungan dan kerja sama dua parlemen dan meningkatkan koordinasi dalam pembentukan forum parlemen Asia-Afrika yang telah digagas dan disepakati pada pertemuan Parlemen Asia-Afrika yang lalu, di mana Sudan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan pertama forum tersebut.

(pkscibitung)

redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *