0

Inilah Caranya Daftar Program Amnesti di Arab Saudi 2017

PKS Riyadh Home

 

PKS Riyadh : Kerjaan Saudi telah mempromosikan program amnesti dengan slogan “A Nation Without Violations”. Program ini bertujuan untuk memberikan ampunan bagi para pelanggar ketentuan imigrasi sebagai berikut : tenaga kerja over stayer, iqama yang sudah habis masa berlakunya, jamaah umroh/haji over stayer, tenaga kerja kaburan / hurub. Salah satu manfaat berbeda dari program amnesti pemulangan biasanya adalah tidak ada pelarangan untuk kembali ke Saudi dan tidak ada denda. Hal ini disampaikan oleh PF konsuler, Dede Achmad Rifai dihadapan perwakilan ormas, orpol komunitas warga Indonesia Riyadh di Aula KBRI Riyadh, Selasa 28/03/2017. Dalam pertemuan ini DD PKS Riyadh diwakili oleh Sekum, Nizar Ihromi.
Pendaftaran dibuka secara resmi sejak Hari Rabu, 29 Maret 2017, para peserta dapat secara langsung menuju ke KBRI membawa dokumen seperti KTP, ijazah, paspor, akte kelahiran  atau dokumen lain yang bisa menunjukkan bukti kewarganegaraan Indonesia. Program amnesti ini gratis, tidak dipungut biaya apapun. Bagi pendaftar yang merasa dirugikan dengan pungutan biaya dapat melaporkan langsung ke petugas KBRI.

KBRI telah mempersiapkan dan memberikan pelayanan terbaik bagi para pendaftar program ini, membantu registrasi online, menyediakan bus transportasi ke kantor imigrasi Saudi setiap hari pukul 10 pagi. Jika setelah pengecekan sidik jari di imigrasi tidak ditemukan masalah kriminal, maka pendaftar dapat segera memesan tiket pulang ke Indonesia. Perlu diingat bahwa pemulangan dilakukan secara mandiri dengan biaya sendiri.

Prosedur amnesti akan lebih mudah bagi Jamaah umroh/haji overstayer, peserta bisa langsung menuju ke imigrasi di bandara Saudi dengan membawa paspor, tiket pulang yang sudah dipesan dan pengecekan sidik jari. Jika tidak ditemukan catatan kriminal maka bisa segera pulang ke Indonesia.

Program ini akan berlangsung selama 90 hari, setelah masa itu berakhir maka akan ada penindakan dari pihak petugas Saudi terkait dan pemberlakuan denda yang bisa mencapai 15.000-100.000 Real.

Sesuai harapan forum tersebut, diharapkan agar para pekerja TKI ilegal dapat memanfaatkan program ini secara baik. Tetap tenang, tidak perlu khawatir karena dijamin tidak akan ada penindakan selama masa amnesti berlangsung. Berikut daftar contact person KBRI Riyadh yang bisa dihubungi :
– Telepon Kantor +966 11 4882800 Ext 103/ 104/ 142
– HP : +966 569173990 / +966 569094526

 

[Humas PKS Riyadh]

redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *