0

INSPIRASI DARI SAHABAT ABI HURAIRAH

Oleh : Abu Kautsar / Pengurus PKS Riyadh Saudi Arabia

Ketika hidayah islam telah di terimanya Abdusyam atau Abi Hurairah hijrah ke Madinah ingin bertemu Rasulullah SAW,sambil membawa Ibunda tercintanya dengan susah, payah dan lelah yg luar biasa akhirnya sampailah di Madinah dan ketika bertemu Rasulullah,Rasulullah SAW bertanya kepadanya “siapa namamu..?” lalu dia menjawab “Abdusyams..” mendengar nama tersebut Rasulullah langsung berkata “Kamu Abdullah ” dan dia selalu bermain dengan seekor anak kucing kecil selalu, ketika Rasulullah SAW melihatnya lalu lalu di di panggilah “Ya Aba Hurairah..” dan sejak hari itu kuniyah Abi Hurairah lebih masyhur dari nama sebenrnya hingga akhir hayatnya.

Di tengah kegembiraannya dia menyimpan kesedihan karena Ibunda tercintanya masih belum mau menerima hidayah Islam, kalau Abi Hurairah menyebut nama Islam Ibunda tercinta langsung memolak dengan penuh kebencian.

Pada suatu hari Abi Hurairah datang kepada Rasulullah SAW dan dia menangis di hadapan Rasulullah, lalu Rasulullah bertanya

ما لك تبكي يا ابا هريرة..؟”

apa yg membuatmu menangis ya Aba Hurairah..?

lalu Abi Hurairah menjawab ”

يا رسو ل الله كنت أدعو أمي إلى الإسلام فتأبي علي وإني دعوتها اليوم فأسمعتني فيك ما اكره فادع الله أن يميل قلبها إلى الاسلام

“Ya Rasulullah aku mengajak ibuku ke Islam tapi dia menolak ajakanku,dan hari ini aku juga telah mengajaknya berdoalah kepada Allah agar hatinya terbuka masuk Islam”

Setelah Rasulullah SAW mendengar rengekan Abi Hurairah beliau langsung
berdoa
اللهم اهد أم أبي هريرة

“Aku mohon kepdamu berikan hidayah Ibu Abi Hurairah”

Setelah mendengar doa beliau Ia langsung pulang ke rumahnya, ketika sampai di rumah pintu rumah dalam keadaan terbuka sedikit dan ketika hendak masuk suara Ibunya memanggil

يا ابا هريرة..مكانك.

Wahai Aba Hurairah aku di temptmu (tampat wudhu), lalu Abi Hurairah menghampirinya sambil mersakan penasaran setelah sampai di hadapan Ibunya, Ibunda tercinta langsung mengucapkan dua kalimat syhadat. Abi Hurairah meneteskan air mata karena penuh kegembiraan dan langsung pergi menuju rumah Rasulullah SAW. Sesampainya di rumah beliau Abi Hurairah langsung menyampaikan kegembiraanya sambil berkata :

“أبشر يا رسول الله فقد اجاب دعوتك وهدى أم ابي هريرم إلى الإسلام،ثم قال: يا رسول الله ادع الله أن يحببني وأمي إلى المؤمنين والمؤمنات فقال صلى الله عليه وسلم “اللهم عبيدك هذا وأم إلى كل مؤمن ومؤمنة (رواه مسلم)

“Kabar gembira wahai Rasulullah Allah telah menjawab doamu Ibu telah mendapat hidayah ke Jalan Islam” lalu berkata ” Ya Rasulullah berdoalah kepada Allah agar aku dan Ibuku di karunia cinta kepada mukminin dan mukminat” lalu Rasulullah SAW berdoa “aku mohon kepdamu ya Allah berikan hambamu ini dan Ibunya rasa cinta kepada semua mukmin dan mukminah” (HR.Muslim)

Abi Hurairah adakah sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadist Nabi SAW para ulama sepkaat 5374 hadits telah diriwayatkannya.

Selama kurang lebih empat tahun ia mulazamah dengan Rasulullah, tidak pernah goib seharipun sampai wafatnya Beliau. Dan karena doanya di aminkan oleh Nabi SAW untuk menjadi orang yang hafalannya kuat dan tidak pelupa dan sejak itu Abi Hurairah menjadi kuat hafalanya dan menjadi ahli hadits.

Sekalipun Abi Hurairah sangat sibuk dengan mulazamahnya dengan Nabi SAW tapi baktinya kepada Ibunya sangat luar biasa, ia tidak pernah haji kecuali setelah ibunya wafat.

Abi Hurairah dikarunia usia yang panjang sehingga hidup sampai zaman Muawiyah bin Abi Sofyan sekalipun ia berasal dari kalangan rakyat jelatah dan miskin tetapi tidak membuatnya minder dan putus asa untuk menjadi sahabat yang bermanfaat dalam penyebaran dakwah Islam sehingga karena kontribusi dan pengorbanannya ia banyak mendapat amanah jabatan dalam struktur negara.

Banyak pelajaran dari kisah hidup shabat Abi Hurairah diantaranya adalah:

1. Kondisi yang miskin tidak membuat minder
2. Sangat besar berbakti kepada ibunya sekalipun sibuk dengan mulazamahnya
3. Mampu memposisikan dirinya memilih menjadi perawi hadits Nabi, karena kebanyakan para shahabat anshar dan muhajirin disibukkan dengan bisnis perdagangan sehingga tidak sempat mulazamah dengan Rasulullah SAW
4. Kisah Abi Hurairah tercatat oleh tinta emas sejarah dan Islam telah mendobrak kebuntuan sejarah dimana dalam sejarah biasanya yg tercatat dengan tinta emas hanyalah orang-orang yg memiliki darah biru.
5. Sabar dalam Dakwah dan usaha mengajak Ibunya ke jalan Islam.
6. Doa Rasulullah SAW adalah salah satu mu’jizat di antara mu’jizat yg Allah SWT berikan kepadanya.
7. Salah satu kebiasaan baik Rasulullah adalah mengganti nama sahabat yg Namanya bermakna buruk menjadi nama yang penuh dengan makna kebaikan.

Riyadh, 2 R.Awwal 1439
__________________________
Selasa, 20 -11-2017

redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *