0

Menunggu ampuhnya UU PPMI yang baru disahkan DPR dalam perlindungan pekerja migran

Perwakilan LSM , ormas, orpol Riyadh Saudi – sumber foto: liputan bmi

Hari Jumat, 3 November 2017 diadakan dialog terbuka lintas LSM dengan tema Reviewing Makna Perlindungan dan Prespektif Pandang Masa Depan Pekerja Migran yang diselenggarakan oleh Garda BMI Saudi DPLN Riyadh. Acara ini dihadiri oleh perwakilan LSM, ormas, orpol dan juga atase tenaga kerja KBRI Riyadh, PKS Riyadh diwakili oleh Nizar Ihromi dan Aji Kuswandi.

Pembahasan dan dialog lebih banyak menyorot tentang disahkannya UU PPMI oleh DPR RI tanggal 25 Oktober 2017. UU PPMI tidak hanya berisi tentang aturan penempatan pekerja migran, tetapi juga perlindungan, bahkan kesempatan memperoleh KUR (Kredit Usaha Rakyat) melalui institusi perbankan yang telah ditunjuk.

UU PPMI meski sudah disahkan oleh DPR tetapi belum ditandatangani oleh pemerintah RI, sehingga belum diundangkan dalam lembaran negara. Harapan para perwakilan LSM, ormas dan orpol agar segera diundangkan oleh pemerintah , disusun kebijakan-kebijakan teknis UU PPMI sehingga akan segera berdampak bagi pekerja migran, yang telah ditunggu kehadirannya selama 13 tahun  dari sejak perumusannya tahun 2004 di DPR.

redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *