0

PARAMETER HAJI MABRUR

 

—————————–
Oleh : Ustadz Abu Kautsar*

Haji mabrur adalah impian dan harapan semua orang yg melaksanakn haji,andai haji mabrur hanya menjadi haq orang kaya maka si miskin tdk berhak menjadi haji mabrur,Andai haji mabrur hanya menjadi haq para pejabat maka orang biasa pun tdk berhak menyandang haji mabrur,andai haji mabrur hanya milik artis dan selebritis maka yg bukan artis dan selebritis tdk berhak menjadi haji mabrur…
Tetapi haji mabrur adalah haq semua orang yg melaksanakan haji dan yg mujahadah dalam meraihnya.

Kemudian apa dan bagaimana parameter haji mabrur ? Allah SWT berfirman :

وإذا قضيتم مناسككم فاذكروا الله كذكركم آبائكم أو أشد ذكرا

“Apabila kalian Sdh melaksanakan manasik haji maka ingatlah Allah sebagaimana kalian mengungat bapak-bapak kalian bahkan lebih dari itu” (Albaqarah:200)

Alhasan Albashri Rahimahullah berkata :

الحج مبرور هو أن يرجع صاحبه زاهدا في الدنيا وراغبا في الآخرة”

“Haji mabrur adalah agar sekembalinya(dari haji) menjadi org yg zuhud dalam kehidupan dunia dan,cinta beramal untuk akhirat”

Rasulullah SAW ketika di tanya tentang haji mabrur beliau bertutur :

“ما بر الحج؟ قال : إطعام الطعام وطيب الكلام”
(رواه ابو دَاوُدَ)

“Apa itu haji mabrur ? Rasulullah SAW menjawab : kamu memberi orang makan (Sodaqoh)
Dan baik perkataannya
(HR.Abu Dawud)

Sodaqoh yang baik membuat hati orang yang membutuhkan menjadi berbunga,karena beban hidup merasa ada yang membantu.

Perkataan yg baik adalah perkataan yg terukur enak dan nyaman di dengar,aman di rasa oleh yg lainnya bagai perkataan para bujangga,penyair dan bangsawan.

Dalam riwayat lain parameter haji mabrur adalah:

1.Hoby menyebarkan salam kepda yg di kenal atau yg tdk di kenal.kedudukan salam dalam Islam bukan hanya ucapan basa basi yang bisa menjadi basi tapi salam adalah ucapan yg dipenuhi dgn doa yang tulus untuk saudaranya.begitu tingginya kedudukan salam bagi kehidupan seorang muslim ,sehingga di anjurkan menyebarkan salam kpda saudaranya demi kebaikan bersama.

2.Menyambung Tali Silaturahim.
Silaturahmi kedudukannya begitu mulia,barang siapa yg suka menyambung tali silaturahmi akan di panjang kan umurnya dan di mudahkan rezekinya.menyambung tali siturahim yg afdhal adalah kepada kerabat dekat terlebih dahulu kemudian kepda yg lainnya.

3.Shalat Malam
Shalat malam di saat manusia terlalap dengan tidurnya atau lebih dikenal dgn Shalat tahajud adalah shlat terbaik setelah Shalat wajib karena bangun di sepertiga malam adalah puncak keikhlasan seorang hamba dimana amalnya tidak ada yg melihat kecuali Allah SWT.

4.Masuklah Surga.
Perintah masuk syurga adalah hak setelah seorang hamba mampu mengaplikasikan amalan tersebut karena syurga adalah balasan akhir dari penghambaan kepada Allah SWT.
Semoga haji mabrur bukan hanya impian dan fatamorgana tetapi menjelma dalam kehidupan nyata yg manfaatnya di rasa oleh manusia lainnya dan juga bagi pelakunya.

Riyadh,5 September 2017
————————–
14 Dzulhijjah 1438 H

redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *