0

PKS Puji Langkah Parlemen Myanmar Libatkan Kaum Rohingya dalam Referendum

Ahmad Zainuddin_PKS

PKS Riyadh – Parlemen Myanmar akhirnya akhirnya akan memberikan hak suara kepada kaum Rohingya untuk berpartisipasi aktif dalam referendum konstitusi. 

Langkah maju parlemen Myanmar ini mendapat pujian dari anggota Komisi I Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Zainuddin. Menurut Zainuddin, partisipasi aktif kaum minoritas Rohingya dalam proses referendum konstitusi akan sangat menentukan masa depan demokrasi di Myanmar. 

Sebab terlepas dari perdebatan status masa lalu, lanjut Zainuddin, kaum Rohingya pada kenyataannya saat ini adalah bagian dari negara-bangsa Myanmar. Namun selama ini, rezim Myanmar telah menerapkan kebijakan politik apartheid terhadap etnis Rohingya. 

“Myanmar adalah bagian dari kawasan ini. Karena itu sudah semestinya organisasi regional ASEAN memberi dukungan yang besar terhadap proses demokratisasi di Myanmar,” kata Zainuddin seperti dikutip RMOL (Rabu, 11/2).

Zainuddin mengatakan, dukungan politik masyarakat ASEAN terhadap proses demokratisasi di Myanmar akan memberi kepercayaan diri kepada kaum Rohingya untuk mendapatkan hak-hak kewarganegaraan di Tanah Airnya. Dukungan politik tersebut, tidak berarti sikap intervensi terhadap politik dalam negeri Myanmar. 

“Stabilitas politik dan demokratisasi anggota ASEAN tentu akan berpengaruh terhadap proses demokratisasi yang lebih luas di tingkat kawasan,” jelas Ketua DPP PKS ini. [rmol]

 

(pkskelapadua)

redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *