0

Tahun Ini Jabar Bangun 4000 Ruang Kelas Baru

 

Aher. Foto : jabarprov.go.id

Aher. Foto : jabarprov.go.id

PKS Riyadh – Tahun 2016, sedikitnya empat ribu ruang kelas baru (RKB) akan dibangun di Jawa Barat. Program pembangunan RKB ini akan disebar ke seluruh daerah di Jabar untuk tingkat SMP dan SMA.

 Gubernur Jawa Barat Ahamd Heryawan saat ditemui di Gedung Negara Pakuan Bandung mengatakan, target Jawa Barat adalah menyamakan antara bangku sekolah SMP dengan SMA. Saat ini menurut Gubernur perbandingan antar SMP dan SMA terlampau jauh, sehingga masih ada siswa SMP yang tidak bisa masuk SMA karena habis kuota bangku.
“Jenjang pendidikan harus sampai ke tingkat SMA. Saya tidak ingin ada siswa putus sekolah gara-gara kehabisan kuota bangku sekolah,” kata Gubernur, Kamis (07/01/2016).
Kekurangan ruang kelas rata-rata terjadi di daerah Kabupaten. Sementara di daerah Kota relatif sudah cukup. Kendati demikian Pemprov Jabar akan menyebar pembangunan RKB ke seluruh Kabupaten / Kota yang masih membutuhkan tambahan.
“Kami juga akan membangun SMA atau SMK negri jika di suatu daerah misalnya di sutu kecamatan belum ada SMA atau SMK, untuk menyerap siswa SMP yang ada disitu,” katanya.
Melalui program penambangan RKB ini Aher berharap pada tahun 2018 tingkat rata-rata lama sekolah semakin tinggi dan kuota bangku sekolah antara SMP dengan SMA seimbang.
“Jadi kedepan jika ada 700 ribu lulusan SMP makan harus ada 700 ribu pula bangku SMA untuk menerima itu,” katanya.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan lebih serius menangani hal itu. Terlebih, tahun 2017 nanti kewenangan pendidikan menengah tingkat SMA dan SMK menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jabar. Program pemerataan lulusan SMP dengan kuota bangku SMA tersebut Gubernur menamakan Jabar Pendidikan Berkelanjutan.
“Dengan program ini dipastikan akan ada tambahan sekolah untuk tingkat SMA/ SMK maupun SMP, kalau SD jumlahnya sudah cukup dan memadai, paling rehab rehab sedikit itu tanggungjawab Kabupaten/Kota,” kata Aher.
Sumber : fokusjabar.com

redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *