0

Yang Terbaik adalah Akhlak Yang Paling Baik

 sumber : alwadi.com.sa

sumber : alwadi.com.sa

 

Oleh Nicko Jatnika

Pengertian Akhlak

Akhlak berasal dari bahasa Arab, jama’ dari “khuluqun” yang diartikan: budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat.

Namun kata Akhlak itu tidak ditemukan dalam Al-Quran. Yang ditemukan hanyalah bentuk tunggal kata tersebut yaitu khuluq yang tercantumdalam Al-Quran surat Al-Qalam ayat 4:

Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas budi pekerti yang agung
(QS Al-Qalam [68]: 4).

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

 Lihatlah bagaimana A’isyah rodhiallohu ‘anha menggambarkan langsung akhlak Rosululloh shallallahu ‘alaihiwasallam yang merupakan teladan dalam iman dan tauhid, A’isyahrodhiallohu ‘an haberkata,

  كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ

  “Akhlak beliau adalah Al-Quran”

[HR. Muslim no. 746, Abu Dawud no. 1342 dan Ahmad 6/54]

Dalam beberapa riwayat di sebutkan, dari Abu Hurairah radiallahu “anhu bahwa Rasulullahshalallahu ‘alaihiwasallambersabda:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ

“Sungguh aku diutus menjadi Rasul tidak lain adalah untuk menyempurnakan akhlak yang saleh (baik).” (HR. al-Imam Ahmad dalam al-Musnad (2/381 al-Bukharidalam al-Adabul Mufrad (no. 273) dan at-TarikhulKabir (7/188), al-Hakim dalam al-Mustadrak (2/613), al-Qudha’idalam Musnadasy-Syihab (no. 1165), Ibnu Abi ad-Dunya dalam Makarimul Akhlak (no. 13) dan lain lain).

Melahirkan Akhlak yang Baik

Hal ini yang perlu kita camkan sebagai penuntut ilmu agama, karena akhlak adalah cerminan langsung apa yang ada di hati, cerminan keikhlasan dan penerapan ilmu yang diperoleh.

Memang memperbaiki Akhlak adalah hal yang tidak mudah dan butuh “mujahadah” perjuangan yang kuat.

Akhlak keduanya bersumber dari Rasulullah SAW, sehingga  dalam pembicaraan sehari-hari istilah Adab dan Akhlak sering sekali disamaartikan.

Akan tetapi, kalau perlu dibedakan maka pengertian Adab lebih menunjuk pada sikap-sikap perilaku lahiriyah, seperti adab makan, dan minum, adab tidur, adab mendatangi kamar kecil dan sebagainya.

Sedang pengertian Akhlak lebih menunjuk pada sikap batin

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

 “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah” (QS. Al Ahzab: 21)

Dan kita tetap terus menuntut ilmu untuk memperbaiki akhlak kita karena ilmu agama yang shohih tidak akan masuk dan menetap dalam seseorang yang mempunyai jiwa yang buruk.

Seperti apakah akhlak yang baik?

Akhlak terhadap diri sendiri

Bagaimana kita berusaha terus memperbaiki diri, baik secara Zhahir ataupun batin.

Rasulullah SAW pun menyebut Muslim yang berakhlak mulia sebagai manusia terbaik. Beliau bersabda, “Sesungguhnya yang terbaik di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Akhlak terhadap keluarga (Orang tua, akhlak terhadap adik/kakak)

“Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Rasulullah shallallau ‘alaihiwasallam berasabda:

“Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.”

[Hadits riwayat Tirmidzid an dishahihkan oleh al-Albani di dalam Ash Shahihah (no. 285).

Akhlak kepada tetangga/tamu

Barangsiapa yang berimankepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya” (HR.Bukhari dan Muslim)

Akhlak terhadap orang yang lebih muda dan lebih tua

Bukanlah termasuk golongan kami, orang yang tidak menghormati yang lebih tua, dan tidak menyayangi yang lebih muda…” (HR. Ahmad, hasan)

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai adab dan akhlak mulia di dalam Islam. Sepatutnya kita pula bermohon kepada Allah agar senantiasa diberikan akhlak yang mulia dengan doa yang telah diajarkan  oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam, “AllÄhumma kamaa hassanta khalqi, fahassin khuluuqi (Ya Allah, sebagaimana Engkau telah membaguskan tubuhku, maka bagus kanlah akhlakku)” (HR. Ahmad, shahih)

Disusun oleh:

Nicko Jatnika

Riyadh, Gharnatah, 27 Feb 2015

Referensi:

http://muslim.or.id/akhlak-dan-nasehat/sudah-lama-%E2%80%9Cngaji%E2%80%9D-tetapi-akhlak-tidak-baik.html

http://darulhadits-assunnah.blogspot.com/2013/04/terpesona-dengan-akhlak-nabi-shalallahu_1887.html

http://ipm-kotametro.blogspot.com/2013/04/akhlak-menurut-bahasa-dan-istilah_3248.html

http://buletin.muslim.or.id/akhlak/adab-dan-akhlak-mulia

https://islamic89.wordpress.com/akhlak/akhlak-definisi-dan-pembagiannya/

 

redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *